Jakarta (Humas-MAN 2 Jkt) –-Berangkat dari keinginan kuat menjadi ahli bahasa Arab, maka kompetisi demi kompetisi diikuti oleh salah seorang siswa MAN 2 Jakarta. Adalah Muhammad Iqbal Musadad yang gigih demi mewujudkan cita-cita tersebut. Maka  event Lomba Bahasa Arab tingkat Nasional yang diselenggarakan Prisma Cendekia Foundation pun tak disia-siakan siswa kelas XI IPA ini.

Kompetisi yang berlangsung secara online pada 25 Juni 2022 ini akhirnya berhasil membawa Iqbal pada peringkat terbaik I dengan mengalahkan 250 peserta lain se-Indonesia. Pada kompetisi ini peserta dituntut menyelesaikan  soal mengenai materi  Qowaid Nahwiyah (tata bahasa) dan Mufradat (kosa kata).

Selain bahasa Arab,  Prisma Cendekia Foundation membuka kompetisi bidang Fikih, Al-Qur’an hadits, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam bagi peserta jenjang SMU/MA. Ketua pelaksana menyatakan, kompetisi Bahasa Arab  diselenggarakan mengingat makin meningkatnya antusiasme remaja Indonesia terhadap  Timur Tengah, sehingga banyak mahasswa Indonesia yang menempuh pendidikan di sana.

Iqbal misalnya, ia berencana untuk menempuh pendidikan tinggi di Al Azhar Cairo.

“Orang tua saya sangat mendukung agar saya dapat kuliah di Al Azhar, kebetulan saya pun minat dengan Sastra Arab dan Hukum Islam. Jadi Insya Allah saya akan mengambil salah satu program studi tersebut,” ungkap Iqbal.

Di akhir perbincangan, Iqbal berpesan bagi remaja yang ingin menguasai Bahasa Arab agar membiasakan diri berkomunikasi  bahasa Arab, perbanyak membaca dan mendengar literatur berbahasa Arab dan mencoba memahaminya meskipun belum bisa sempurna. Bravo, Iqbal! (Yuyum D)