Banyak cara untuk menjadikan pembelajaran menyenangkan. Salah satunya dengan menyaksikan pertunjukkan drama. Kali ini kelas XI MAN 2 Jakarta menyaksikan pertunjukan drama Teater Keliling di kampus PNJ UI, Depok pada Sabtu, 27 April 2019. Teater yang digawangi Rudolf Puspa ini menyajikan naskah bertjuk Wek Wek, karya D. Djajakusuma.

Peserta yang terdiri tujuh kelas itu secara umum antusias menikmati lawakan satire yang disajikan beberapa pemain. WekWek sendiri mengisahkan tokoh Bagong yang marah bukan kepalang karena bebek dan telur yang dipercayakannya pada Petruk ternyata hilang. Mengadulah Bagong pada lurah Semar, berharap akan menang dalam perkara, tanpa menemui kesulitan. Ia yakin, uang yang diberikan akan membuat segalanya lancar. Namun ternyata lurah Semar tetap teguh pada pendiriannya. Bujuk rayu Bagong tak membuatnya tergoda. Cerita Semar dan tokoh pewayangan lainnya memang sudah biasa, tapi kali ini Teater Keliling cukup lihai dalam meramu cerita sehingga kisah ini memang masih lumrah di era millennial.

“Ceritanya bagus dan saya terhibur. Para pemainnya sangat pintar dan menguasai karakternya,” ujar Kartika, kelas XI IPS 1, usai menyaksikan pertunjukan drama, sore itu. Pemain Wek Wek sendiri terdiri empataktor, yakni Derry Syrna sebagai Gareng, Aditya Jaya sebagai Semar, Ricky Febrianto sebagai Petruk, dan Endah Tri Liliany yang memerankan Bagong.

“Kegiatan outing class seperti ini memang sudah dilakukan secara rutin di madrasah kami. Hanya memang tetap mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia,”ujar Dra. Darsih selakuk guru pembimbing mata pelajaran Bahasa Indonesia. (Yuyum Daryumi)