Menyongsong era industry 4.0 membutuhkan persiapan matang bagi seluruh warga dunia, termasuk Indonesia. Era industri 4.0 memaksa manusia memasuki dua dunia, yaitu dunia riil dan dunia virtual. Internet of things yang merupakan ruh di era ini mengkondisikan manusia secara personal dan komunal sangat bergantung kepada dunia virtual, yang semakin hari semakin complicated dan smart. Berangkat dari pemikiran tersebut, Kementerian Agama yang bekerja sama dengan XL Axiata menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan untuk menyongsong kehidupan di era industry 4.0.
Bertempat di hotel Agria, Bogor sebanyak 75 Ketua OSIS dari Madrasah Aliyah di wilayah DKI Jakarta mendapatkan materi yang berkaitan dengan kepemimpinan, public speaking, design thinking, thinking prototype, dan pembuatan produk. Selain itu juga diberikan elevator pitch yang digunakan pada saat menjual produk. Hasil akhir produk para peserta dipresenyasikan di hadapan investor selama kurang lebih 2 menit.
Ketua OSIS MAN 2 Jakarta, Rizky Munandar beserta kelompoknya yang berjumlah sembilan orang akhirnya meraih peserta terbaik. Tim yang terdiri dari beberapa sekolah tersebut memenangi hadiah sebesar 5 juta rupiah.
“Saya mendapatkan pengalaman baru dan pengetahuan tentang industry 4.0.” ujar Rizky dengan sumringah. (Yuyum Daryumi)