Rencanakan masa depanmu dari sekarang. Kalimat itu benar adanya. Perencanaan masa depan seseorang sebaiknya dilakukan sejak dini. Dengan mengenali minat dan talenta sejak awal, maka  memilih pendidikan dan pekerjaan yang tepat dapat diwujudkan. Terlebih persaingan karier di masa kini lebih menuntut manusia yang kreatif baik dari segi keilmuan maupun keterampilan.

                       Mencermati kondisi tersebut MAN 2 Jakarta bekerjasama dengan Mutiara Tour & Travel mengadakan kegiatan Belajar di Luar bagi siswa kelas XI. Kegiatan yang dilaksanakan sejak 17 Januari 2020 ini dilaksanakan selama empat hari dan diikuti oleh 242 siswa dan 10 guru pendamping. Salah satu bentuk kegiatan Belajar di Luar adalah mengunjungi beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan objek wisata budaya di Jawa Tengah. MAN 2 Jakarta memlih Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Akademi Militer Magelang, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta.

                       Dalam sambutannya di AKMIL Magelang, Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga, S.Pd. menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan pihak AKMIL yang luar biasa.

                       “Kami bersyukur karena setelah sekian tahun kami melakukan kegiatan outing class, baru inilah kali pertama kami mengiinjakkan kaki di AKMIL Magelang,” ujar beliau. Wido menegaskan, dengan kunjungan kali ini diharapkan ada di antara siswa MAN 2 Jakarta yang mendaftar dan menjadi bagian keluarga besar AKMIL Magelang. Selain itu, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan UIN Sunan Kalijaga juga menjadi tujuan yang diminati sebagian besar siswa.

                       “Rencananya saya akan memilih jurusan Tarbiyah di UIN Sunan Kalijaga. Selain suasana kampusnya yang nyaman, juga kotanya mendukung untuk belajar,” ungkap Satrio, salah seorang peserta dari kelas XI Agama. Selain mengunjungi kampus, peserta juga berkunjung ke beberapa objek wisata seperti candi Borobudur, Gunung Merapi, dan kampung Batik Giriloyo. Program ini rutin dilakukan dan diperuntukan bagi kelas XI untuk memupuk sosialisai dan kerjasama dengan teman, selain menambah wawasan bidang Pendidikan dan kepariwisataan. (Yuyum Daryumi)