(Humas-MAN 2 Jkt) Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu MAN 2 Jakarta akhirnya telah selesai dirampungkan. Sejak peletakan batu pertama pada 1 Oktober 2020, pembangunan berjalan sesuai dengan target dan selesai pada 31 Desember 2020. Sumber dana pembangunan sebesar 5, 862 milyar yang berasal dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) ini dterima MAN 2 Jakarta dari Kementerian Agama.

Berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 6757 Tahun 2020, MAN 2 Jakarta ditetapkan sebagai madrasah penyelenggara riset tahun 2020. Sebanyak 404 madrasah tingkat Aliyah negeri dan swasta di tanah air dipercaya untuk menjadi madrasah riset. Di Provinsi DKI Jakarta sendiri sebanyak 14 MA ditunjuk sebagai madrasah penyelenggara riset. Amanah ini tentu menjadi pemacu tiap madrasah untuk  menjadi garda depan dalam bidang penelitian ilmiah.

Hal ini senada dengan sambutan Kepala MAN 2 Jakarta bahwa Gedung Laboratorium ini dibangun tidak semata-mata untuk siswa MAN 2 Jakarta, tapi terbuka bagi madrasah lain yang ingin melakukan penelitian dan mencari referensi ilmiah.

 

Demikian Wido Prayoga, S.Pd. dalam acara tasyakuran pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu di ruang aula Gedung baru tersebut. Acara yang berlangsung sederhana pada Senin, Januari 2021 itu dihadiri oleh pengawas MAN 2 Jakart, Drs. Adul Manap Siregar, M.Pd., Ketua Komite MAN 2 Jakarta, Dwi Hartanti, SE, Kepala MAN 10 Jakarta Barat, DR. Hj. Nurlaelah, perwakilan pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Jakarta.

Tasyakuran  dibuka dengan pembacaan Surat Yassin dan tahlil ini dipimpin oleh Zamal, S.Ag. dan dilanjutkan dengan tausyiah oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Hamid Jakarta Timur, KH Lukman Hakim Hamid, S.Pd.I.

Dalam amanatnya KH Lukman Hakim Hamid berpesan agar di masa pandemi ini kita semua memperbanyak rasa syukur dan sabar.

“Sabar dengan segala ujian yang menimpa tak hanya negeri ini, bahkan seluruh ummat di muka bumi. Kita harus  belajar banyak dari kesabaran Nabi Adam AS, kesabaran Nabi Muhammad SAW dan para tabiin,” demikian pesan KH Lukman Hakim.

 

Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga, S.Pd. menambahkan, bahwa semua yang diharapkan oleh warga madrasah semoga dapat terwujud, karena hakikat pembangunan semata-mata untuk mendukung kemajuan sebuah peradaban. Pembangunan Gedung laboratorium terpadu MAN 2 Jakarta sebagai upaya mendukung kemajuan ilmu pengetahuan yang diusung oleh madrasah. Kita kembalikan kejayaan ilmu pengetahuan sains teknologi seperti yang telah digaungkan pertama kali oleh Ibnu Sina, Ibnu Khladun, Al Farabi, dan ilmuwan muslim lain. Mari bersinergi menjadi madrasah riset yang hebat dan bermartabat! (Yuyum Daryumi)