Setelah berhasil menduduki peringkat pertama pada kejuaraan Robotik di Thailand akhir 2018 lalu, kini Tim Robotik MAN 2 Jakarta kembali menyabet tiga medali emas pada IYRC (Indonesia Youth Robot Competition) 2019. Kejuaraan yang diselenggarakan 14 April 2019 itu diikuti oleh puluhan tim yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. RACER sebagai penyelenggara kegiatan menggelar lima jenis lomba robotic, yakni Creative, Maze Solving, Hummanoid Mission, Drone Codeing, dan Drone Racing.

Bertempat di Ice BSD (Bumi Serpong Damai) Tangerang, kejuaraan yang melibatkan para remaja pecinta robot ini menuntut para peserta lebih kreatif. Sebut saja Naufal, misalnya yang merasa tertantang saat mengikuti lomba Creative Robot. Namun berkat kegigihan dan ketepatan waktu akhirnya tim mereka berhasil meraih 4th Excellent Creative. Naufal beserta Eki Farhan, Imam Pamuji, Rafit Firdaus, dan Awalihin berhasil menyingkirkan 20 tim lain.

Lain halnya dengan lomba individu. Pada kategori individu ini robotic MAN 2 Jakarta memercayakan pada Naufal Muafi, Ahmad Albanna, dan Zain Sultan untuk berlaga di tiga kategori berbeda. Kecermatan dan kegigihan ketiganya berbuah manis. Terbukti mereka berhasil menggondol medali emas. Naufal Muafi untuk kategori Drone Coding, Ahmad Albanna pada kategori Drone Racing, dan Zain Sultan untuk kategori Humanodi Mission. Perolehan keseluruhan akhirnya MAN 2 Jakarta meraih Grand Prize IYRC 2019.

Saat diwawancarai usai lomba Albanna menjelaskan bahwa kesulitan terutama pada saat peserta dituntut untuk membuat konsep dan merangkai robot yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Jenis kategori Creativelah yang lebih membutuhkan kreatifitas dan ide cemerlang,” ungkap Albanna. Dengan gayanya yang low profile, ia becerita bahwa kecintaannya pada dunia robot berawal dari kesukaannya pada computer dan semua program di dalamnya. Rencana ke depan ia berharap dapat mengikuti kompetisi tingkat internasional, mengikuti jejak kakak kelasnya tahun lalu. Selamat Tim Robotic MAN 2 Jakarta! (Yuyum Daryumi)