Kemajuan madrasah tak lepas dari kontribusi dan peran serta berbagai pihak. Kepala Madrasah, Guru, tenaga kependidikan dan komite selayaknya bersinergi demi meningkatnya kualitas madrasah. Demikian pula yang telah dilakukan oleh MAN 2 Jakarta. Sebagai salah satu madrasah yang mengedepankan kualitas imtaq dan iptek, MAN 2 Jakarta selalu mengkomunikasikan program madrasah, khususnya selama setahun ke depan.

Mengacu pada komitmen di atas, maka rapat komite perlu diadakan secara rutin untuk mensosialisasikan berbagai program madrasah dan hal penting lainnya. Seperti Jumat (3/8 2018) siang ini, bertempat di aula MAN 2Jakarta, seluruh orang tua/wali Kelas X diundang untuk menghadiri rapat komite. Acara ini merupakan pertemuan perdana bagi orang tua/wali Kelas X. Oleh karena itu,di awal sambutannya, Dra.Hj. Nurlaelah, M.Pd, selaku kepala MAN 2 Jakarta memperkenalkan seluruh jajaran guru dan tenaga kependidikan yang meliputi Wakil Kepala Madrasah, Wali Kelas, dan Kepala Tata Usaha.

“Tahun ini kebetulan saya mendapatkan partner perempuan di bidang Tata Usaha, yakni Bu Erni. Semoga kami dapat bekerja sama secara maksimal untuk MAN 2 Jakarta.” Demikian papar beliau di awal sambutannya. Selain itu beliau berharap masukan dan saran dari seluruh orang tua/wali murid agar pembelajaran di MAN 2 Jakarta lebih maksimal.
Demi mengoptimalkan program tersebut tentu harus dimulai dari disiplin, dalam hal ini disiplin dalam menghargai waktu. Peraturan di madrasah ini yang memutuskan bahwa harus datang tepat waktu, yakni pukul 6.30 memang benar adanya. Jika siswa datang pukul 6.31 jelas kena poin sekaligus sanksi yakni tidak diperkenankan mengikuti pembelajaran pada hari itu. Sanksi tersebut cukup efektif. Terbukti sejak diputuskan peraturan tersebut semakin hari semakin sedikit siswa yang datang terlambat.
Hal lain yang disampaikan pada rapat komite kali ini adalah program Wisata Quran. Program yang bersifat keagamaan ini secara berkala telah menjadi program rutin di MAN 2 Jakarta, khususnya bagi siswa kelas X. melalui program Wista Quran diharapkan bekal ilmu agama siswa, terutama hafalan Al Quran akan semakin bertambah. Ini bukti bahwa MAN 2 Jakarta tak hanya menjadikan madrasah yang islami sekedar slogan belaka, tapi benar-benar direalisasikan sesuai waktu yang telah dijadwalkan.

Secara umum, orang tua mendukung seluruh program yang dilontarkan Kepala Madrasah dan Komite. “Kami mendukung semua usulan Bapak/Ibu orang tua siswa, karena pada intinya merekaingin agar anak-anaknya maju di madrasah ini” demikian ujar Ketua Komite, Drs. H. Zamili, M.Si sekaligus menutup perbincangan seusai rapat. (Yuyum Daryumi)