Rapat Kerja (Raker) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebuah lembaga. Kegiatan ini dilakukan sebagai evaluasi  atas program kerja yang telah dilakukan selama setahun dan menyusun program kerja untuk setahun ke depan. MAN 2 Jakarta sebagai sebuah lembaga pendidikan secara rutin melakukan raker di awal tahun pelajaran. Tahun ini, Raker MAN 2 Jakarta dilakukan di akhir semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Bertempat di Padjadjaran Suites Hotel, Bogor pada 13-14 April 2018, Raker kali ini mengusung tema “Meningkatkan Kinerja Profesional Menuju Madrasah Hebat Bermartabat”.

Raker terbagi menjadi beberapa kegiatan, yakni seminar, sidang pleno, dan pemilihan wakil kepala madrasah. Pembukaan Raker diawali dengan seminar yang disampaikan oleh DR. Suud  Karim A. Karhami. Penulis buku sekaligus Profesional Adviser bidang kurikulum di Kemendikbud ini menyampaikan materi tentang “Pembelajaran Siswa yang Bermakna”. Karhami menjelaskan, pembangunan dan penyempurnaan pengetahuan dilakukan siswa melalui proses asimilasi dan proses akomodasi.

Usai pembukaan, raker dilanjutkan dengan sidang pleno yang membahas beberapa program kerja MAN 2 Jakarta, di antaranya uraian tugas kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan, wali kelas, petugas piket, petugass keamanan, tenaga kebersihan, dan kepala perpustakaan. Dalam sambutannya kepala MAN 2 Jakarta, Dra. Hj. Nurlaelah, M.Pd. mengajak pada seluruh guru dan tenaga kependidikan agar memperbaiki niat  dalam melaksanakan tugas di MAN 2. Niat yang baik disertai hati yang tulus akan membuahkan hasil yang baik pula pada seluruh komponen di MAN 2 Jakarta. Rapat Kerja kali ini diakhiri dengan pemilihan Wakil Kepala Madrasah. Setelah melalui pemungutan suara secara online, maka diputuskan empat Wakil Kepala MAN 2 Jakarta, yakni:

  1. Saepul, S.Pd. sebagai Wakil Kepala bidang Kurikulum
  2. Dahlan, S.Pd. sebagai Wakil Kepala bidang Kesiswaan
  3. Yuyum Daryumi, S.Pd. sebagai Wakil Kepala bidang Humas dan Pengembangan Mutu
  4. Dewi Setiawaty, S.Pd. sebagai Wakil Kepala bidang Sarana dan Prasarana

Dra. Hj. Nurlaelah, M.Pd. berharap, pemilihan wakil kepala ini akan membawa warna baru bagi kemajuan MAN 2 Jakarta. (Yuyum Daryumi)