Sabtu pagi 20 Oktober 2018 terlihat ramai di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tak hanya mahasiswa, kali ini kampus yang bernuansa Islami ini dipenuhi oleh ratusan siswa berseragam cokelat. Ya, hari itu UIN Syarif Hidayatullah tengah menggelar Festival Kepramukaan 2018. Festival berskala nasional ini melibatkan 78 gugus depan kepramukaan dari berbagai wilayah di nusantara.

Festival yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini menggelar beberapa kegiatan kreatif khas kepramukaan, di antaranya adalah pentas seni dan lomba. Sebanyak 16 mata lomba yang digelar kali ini yaitu Smaphore, Morse, sandi, PU/PK, Pioneering, Kreasi Tepat Guna (KTG), Kemampuan Indra Manusia, Mapak, Seserahan, Karikatur, Yelling, dan lomba Tari Cokek.

Gugus Depan MAN 2 Jakarta sebagai salah satu peserta lomba turut memeriahkan acara dengan mengikuti seluruh mata lomba. Sebanyak 16 anggota Pramuka MAN 2 Jakarta dikerahkan demi membawa nama baik madrasah. Setelah melalui berbagai kompetisi yang cukup ketat, akhirnya Pramuka MAN 2 Jakarta berhasil membawa enam kejuaraan, yaitu:
1. Juara II Smaphore Putri
2. Juara Harapan I Morse Putra
3. Juara III Kreasi Tepat Guna
4. Juara III Kemampuan Indra Manusia
5. Juara Harapan III PUPK
6. Juara Harapan 2 Sandi Putri

Kemeriahan lomba semakin terasa dengan kemunculan atraksi seni daerah masing-masing, seperti tari Betawi, Melayu, dan nyanyian khas daerah. Pembina Pramuka MAN 2 Jakarta, Yelli Gustrita, M.PdI. mengakui bahwa seluruh peserta memiliki keunggulan dan ketangkasan yang bagus, sehingga untuk tahun ini persaingan cukup ketat. “Kita kurang konsentrasi pada saat lomba. Hal ini disebabkan setiap siswa harus menghadapi dua sampai tiga bidang lomba.”ujar Yelli saat ditemui usai mendampingi lomba.

Di masa mendatang Pramuka MAN 2 Jakarta bertekad untuk meningkatkan kualitas materi lomba, dengan cara satu siswa hanya focus menghadapi satu lomba. Support dan dukungan dari pihak sekolah pun tetap diperlukan untuk memotivasi siswa agar untuk meningkatkan prestasi yang lebih baik. “Mudah-mudahan kami dapat memberikan yang terbaik untuk MAN 2 Jakarta pada event lomba berikutnya,” harap Malika, salah seorang peserta lomba yang juga meraih Juara II Smaphore Putri. (Yuyum Daryumi)