Perluas Wawasan, Jurnalistik MAN 2 Jakarta Kunjungi Redaksi “CnS” LIA
Jurnalistik MAN 2 Jakarta mulai menunjukkan eksistensiny dalam dunia kepenulisan. Setelah berhasil menerbitan buku Antologi Cerpen “Our Escape”, mereka kini mengasah talentanya dalam bidang penerbitan majalah. Bersama dua pelatih Jurnalistik, Hj. Sri Nurjanah, S.Pd. dan Siti Fahliah, kesembilanbelas penulis itu mengunjungi Perpustakaan LIA (Lembaga Indonesia Amerika) yang berkantor di Jl. Pramuka Kav. 30 Jakarta Pusat, pada Selasa, 23 Oktober 2018.

Selama dua jam seluruh peserta menggali ilmu mengenai dunia penerbitan majalah, penulisan artikel, hingga proses naik cetak menjadi sebuah majalah. Yayasan LIA sendiri selain menyelenggarakan bimbingan dan kursus Bahasa Inggris, juga menerbitkan majalah CnS setiap bulan. Majalah berbahasa Inggris ini diperuntukkan bagi para remaja yang ingin memperlancar bahasa Inggris.

Setelah puas berkunjung ke bagian penerbitan majalah CnS, Tim Jurnalistik MAN 2 Jakarta juga berkesempatan mengunjungi perpustakaan LIA. Di sini mereka belajar bagaimana cara mengelola perpustakaan secara profesional, di antaranya metode peminjaman dan sirkulasi buku koleksi perpustakaan. Dalam dialog yang berlangsung tiga puluh menit tersebut pihak CnS juga memberikan penawaran tentang pelatihan jurnalistik bagi siswa. Secara rutin redaksi CnS mengadakan pelatihan jurnalistik bagi siswa SMP/SMU yang memiliki minat dalam dunia tulis-menulis.

“Senang rasanya kami diberi kesempatan untuk mengunjungi perpustakaan LIA. Ini dapat menjadi alternative pilihan saya dalam memlih jurusan di Perguruan Tinggi nanti.” Komentar Raini, salah seorang anggota jurnalistik. Bagi Raini dan teman-temannya yang masuk di program Bahasa, pilihan perguruan tinggi dan peluang kerja bagi lulusan Program Bahasa, masih awam. “Pada mulanya saya pesimis, setelah lulus MAN saya mau melanjutkan ke mana. Namun setelah melihat suasana kerja di LIA ini saya jadi optimis, bahwa anak Bahasa justru memiliki peluang kerja yang beragam.” ujarnya sumringah.

Di akhir dialog tersebut, Tim Jurnalistik MAN 2 Jakarta memberikan cinderamata berupa plakat pada pihak majalah CnS. Selain plakat, mereka juga memberikan buku kumpulan cerpen “Our Escape” pada kepala perpustakaan. “Buku ini menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat dan kemauan yang kuat dalam dunia kepenulisan. Semoga bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk juga dapat berkarya,” ujar Pak Lilik yang menyambut Tim Jurnalistik dengan hangat.

Sebagai bentuk apresiasi CnS terhadap karya Tim Jurnalistik MAN 2 Jakarta, mereka akan hadir sekaligus meliput acara launching buku “Our Escape” pada acara puncak Peringatan Bulan Bahasa yang diselenggarakan pada 1 November 2018 mendatang. (Yuyum Daryumi)