Jakarta (Humas-MAN 2 Jkt) —Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2022 (HPSN 2022) yang jatuh pada 21 Februari , MAN 2 Jakarta mengadakan kegiatan kerja bakti  membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan yang melibatkan siswa kelas XII dan seluruh GTK ini diadakan mulai pagi hari sebelum pembelajaran.

“Kegiatan seperti ini merupakan bagian dari komitmen MAN 2 Jakarta sebagai bentuk kepedulian kami pada lingkungan,” ujar ketua Adiwiyata MAN 2 Jakarta, Dewi Setiawaty, S.Pd.

Komitmen menjaga kebersihan dan keasrian lingkkungan sekolah ini tak sebatas pada saat peringatan Hari Peduli Sampah, nyatanya MAN 2 Jakarta secara rutin mengadakan kegiatan kerja bakti setidaknya sebulan sekali. Bersama seluruh siswa, guru, dan karyawan berbagai aksi peduli lingkungan telah menjadi habbit yang terus dipupuk di lembaga ini.

“Kami ingin seluruh siswa tak hanya memiliki kepandaian pengetahuan dan kecakapan hidup, tapi juga manusia yang peduli terhadap alam dan lingkungannya, “ tegas Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga, S.Pd.

Bukti konsistensi itu terbukti dengan dinobatkannya MAN 2 Jakarta sebagai madrasah yang terpilih sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kota Jakarta Timur. Penghargaan tersebut  tentu saja makin melecut semangat MAN 2 Jakarta untuk terus menciptakan lingkungan yang hijau, bersih, dan asri.

Dalam hal pengelolaan sampah, MAN 2 Jakarta menyediakan tempat sampah khusus  yakni organik, anorganik, dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang diletkkan di tiap kelas dan ruangan tertentu. Tak cukup sampai di situ, siswa pun diberikan keterampilan mengenai pengolahan sampah menjadi kompos.Kompos tersebut dimanfaatkan untuk pupuk tanaman yang tumbuh di sekitar sekitar. Ke depannya kompos ini akan dijual di lingkungan terbatas yakni  orang tua siswa dan juga  pada masyarakat umum. Dengan upaya ini, tak hanya lingkungan asri dan bersih yang didapat, jiwa wirausaha pun mulai tercipta . (Yuyum D)