Ada yang berbeda di MAN 2 Jakarta pada Sabtu, 27 April 2018. Sejak pagi hari suasana sekolah sudah lebh ramai dari biasanya. Beberapa siswa berpakaian muslimah lalu-lalang di sekitar halaman sekolah yang telah diteduhi tenda. Di bagian utara tenda telah terpasang panggung lengkap dengan spanduk bertuliskan, “Dengan Memperingati Isra Miraj Mari Tingkatkan Iman dan Ukhuwah Kita”.

Ya, hari itu MAN 2 Jakarta menggelar Peringatan Isra Miraj 1439 H. Peringatan kali ini dihadiri seluruh siswa kelas X dan XI, dewan guru dan tenaga kependidikan, komite, serta tamu undangan. Ketua PanitiaPeringatan Isra Miraj, Kemal, menjelaskan bahwa peringaatn hari besar Islam kali ini meliputi berbagai kegiatan, yakni ceramah agama dan khitanan massal. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan sekolah dan para donatur.

Peringatan kali ini dimeriahkan oleh penceramah ustadz Riza Muhammad. Dalam ceramah agamanya beliau menjelaskan tentang kekuatan doa. Doa merupakan inti ibadah, karenanya umat muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa untuk keselamatan dan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Hal initercemin dalam surat Al Baqarah ayat 121. Untuk itu, pembiasaan positif perlu ditanamkan sejak dini, di antaranya sebelum tidur dianjurkan membaca Surat An Naba. Demikian pula jika mengnginkananak-anak yang shaleh, berdoa dengan membaca Surat Al Kahfi, Surat Maryam, dan Surat Al Isra.

Selain kekuatan doa, ustazd yang sering muncul di televise ini juga mengajak seluruh siswa Man 2 Jakarta untuk selalu menjadi yang terbaik dalam hal akademis maupun non-akademis. ”Apa yang kamu lakukan hari ini akan menentukan masa depanmu. Karena itu jadilah pemuda yang cerdas akhlak, cerdas mental, dan cerdas pengetahuan, maka dunia akan menghampirimu.” Demikian pesan ustadz Riza.
Peringatan Isra Miraj berakhir dengan makan siang bersama. Hidangan nasi kebuli menjadikan suasana makan siang berbeda di MAN 2 Jakarta. Secara umum, peringatan hari besar Islam kali ini terbilang sukses dan mendapat antusias yang cukup baik dari kalangan siswa dan guru.

“Saya senang dengan peringatan Isra Miraj kali ini. Penceramahnya bagus, acaranya juga dikemas dengan apik.” Demikian komentar guru BK, Ibu Susiana Maulida, S.Pd. Semoga saja kegiatan ini akan menjadikan perubahan akhlak yang lebih baik bagi semua pihak di MAN 2 Jakarta. (Yuyum Daryumi)