Ibadah Qurban merupakan Sunnah Muakadah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW, karena itu OSIS/MPK MAN 2 Jakarta mengadakan acara Qurban setiap tahunnya. Pada tahun 2019 M, tepatnya pada tanggal 11 Dzulhijjah 1440 H, OSIS/MPK MAN 2 Jakarta kembali mengadakan acara Qurban dengan tema “SEMBELIH” yang merupakan singkatan dari ‘Semangat Berqurban Melatih Keikhlasan’.
Sesuai dengan tema, acara qurban kali ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa ikhlas. “Alhamdulillah tahun ini MAN 2 Jakarta dapat menyembelih 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing,” ujar Yusnanda selaku ketua pelaksana qurban. Jumlah tersebut ternyata melebihi jumlah hewan qurban tahun lalu yang hanya mendapat 2 ekor sapi. Hewan qurban tersebut merupakan hasil dari iuran siswa/i, guru dan staf. Siswa diberi pilihan dalam menyumbangkan uangnya untuk membeli hewan qurban, yaitu Rp 75.000, Rp 100.000 dan Rp 150.000.
Kendala dalam acara qurban tahun ini berorientasi pada dana. Yusnanda mengatakan “Jika tidak ada dana, acara akan sulit berjalan” hal itu disebabkan oleh beberapa siswa yang sulit menyetor iurannya sesuai jadwal yang diminta. Meskipun begitu, banyak siswa yang berpartisipasi dengan baik, “Partisipasi siswa cukup bagus, karena ada yang membayar iuran melebihi dari yang diminta,” komentar Yusnanda mengenai iuran qurban tahun ini. “Daging-daging tersebut akan disalurkan kepada anak yatim, piatu, dhuafa dari setiap kelas juga kaum dhuafa yang tinggal di sekitar MAN 2 Jakarta,” tambah Yusnanda yang merupakan siswa kelas XII Agama ini.
Selain itu setiap kelas dibagikan 1,2 kg daging kambing untuk di sate bersama. Hal ini bertujuan untuk menambah rasa perseaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan dari masing-masing kelas. Dapat dibuktikan dari rasa antusias siswa dalam membawa peralatan bakar satenya sendiri. Siswa/i juga diberikan nasi untuk melengkapi kenikmatan saat ‘bakar sate’ bersama. Bahkan ada kelas yang menyediakan minuman dingin untuk menambah kesegaran saat ‘bakar sate’ berlangsung, yaitu kelas XII IPA 1.
Yusnanda berharap agar acara qurban di MAN 2 Jakarta dapat terus berlangsung setiap tahunnya dan dapat menambah jumlah ekor sapi dan kambing. (Malika/JM2)