Sebanyak 60 siswa MAN 2 Jakarta diberangkatkan ke kampung Inggris, Pare Kediri, Jawa Timur. Keberangkatan mereka untuk mengasah kemahiran dalam berbahasa Inggris. Seperti telah diketahui, Pare merupakan sebuah kampung di Jawa Timur yang sangat kondusif untuk mereka yang ingin ber cas cis cus dalam bahasa Inggris.

“Setelah melalui tahap seleksi, maka keenampuluh siswa ini dinyatakan layak untuk mengikuti program belajar bahasa Inggris selama seminggu di Pare,” ujar Kepala MAN 2 Jakarta, Dra.Hj.Nurlaelah, M.Pd. kegiatan yang berlangsung sejak 1 hingga 9 Januari 2019 ini bekerja sama dengan lembaga Bahasa Inggris, Elfast. Program yang dikemas Elfast memang dikemas menarik sehingga peserta tidak dibebani dengan berbagai teori seperti yang didapat selama ini.
“Asyik sih belajarnya, tidak membuat kita tegang. Apalagi di setiap sudut di sini semuanya bicara bahasa Inggris, jadi mau nggak mau kita pun dipaksa untuk berbahasa Inggris,” demikian komentar Aufa Qatrunnada, salah seorang peserta English Camp.
Selain guru yang menyenangkan, lain halnya dengan Muhammad Rafi, siswa kelasXII Bahasa ini mengaku sangat nyaman belajar bahasa Inggris di Pare. “Suasana perkampungan di sini membuat saya lebih konsentrasi belajar. Jajanannya juga enak dan murah!” selorohnya girang.
Program ini memang diperuntukkan bagi siswa yang memang benar-benar ingin mendalami bahasa Inggris secara maksimal. Dengan didanai oleh BOP Prestasi, maka kegiatan ini sangat tepat sasaran untuk menjadikan mereka mampu bersaing di dunia nasional maupun internasional. “Siswa madrasah pun harus siap dalam menghadapi tantangan dunia global. Untuk itu, kunci utamanya adalah mereka dapat berbahasa Inggris. Dan kami sudah memfasilitasinya, meskipun hanyauntuk 60 siswa,”tegas Dahlan, S.Ag. selaku pendamping sekaligus penanggung jawab English Camp. (Yuyum Daryumi)