Dua bulan terakhir ini, MAN 2 Jakarta dibuat terperangah dengan prestasi yang diraih tim Rohis. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu yang terbilang singkat itu mereka ‘bergerilya’ mengikuti berbagai kejuaraan di beberapa sekolah di wilayah Jabotabek. Kegigihan mereka dalam berlatih dan terjun pada beberapa kompetisi bidang keagamaan tidaklah sia-sia. Sabtu petang , 18 Agustus 2018 merupakan puncak kegembiraan seluruh tim Rohis dalam menikmati kerja keras mereka.

Bertempat di SMU 99 Jakarta, Tim Rohis yang terdiri enam orang tersebut akhirnya berhasil menyabet 3 kejuaraan. Tim Cerdas Cermat Islam yang beranggotakan Hamdan Al Gifari, Naufal Hafidz Awladana, dan Muhammad Alridho Kharisma P meraih juara I. Untuk kategori lomba Dai, MAN 2 Jakarta memperoleh juara I (Kemal Azka Ridha). Kategori lomba ketiga yang diraih Tim Rohis adalah juara II Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) oleh Syfa Mumtaza dan juara III oleh Okky Dwi Cahya.

“Alhamdulillah untuk keempat kalinya dalam waktu tiga bulan ini Tim Rohis MAN 2 Jakarta mampu menduduki Juara Umum untuk Lomba Keterampilan Agama (Loketa) tingkat SMU se-DKI Jakarta. Tentu ini membanggakan kita semua dan semoga akan terus memacu siswa lainnya untuk lebih berprestasi lagi,” komentar Zamal, S.Ag selaku Pembina OSIS MAN 2 Jakarta. Zamal, S.Ag. menambahkan, jiwa kompetisi Tim Rohis memang telah terasah sejak mereka masuk MAN 2 Jakarta. Bahkan tak jarang mereka mencari informasi sendiri terkait kompetisi keagamaan di wilayah DKI Jakarta.

“Harapan ke depannya kami dapat mengikuti kompetisi keagamaan di tingkat nasional, sehingga kami memiliki pengalaman yang lebih luas lagi,” ujar Kemal bersemangat. Keinginan untuk lebih baik lagi memang bukan sekedar basa-basi bagi Tim Rohis MAN 2 Jakarta, setiap minggu mereka berlatih sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Okky Dwi Cahya, misalnya, siswa berperawakan kecil ini berlatih membaca ayat Al Quran dengan berbagai lagu qiro’at: bayati, shoba, hijaz, nahawand, rost, jiharkah, dan sikah. Untuk urusan MTQ, sejak menduduki kelas X Okky Dwi Cahya memang telah menjadi andalan sekolah untuk menjadi qori pada setiap kegiatan.

Lain halnya dengan Tim Cerdas Cermat Islam, yang beranggotakan Hamdan Al Gifari, Naufal Hafidz Awladana, dan Muhammad Alridho Kharisma P ini berlatih setiap akhir pembelajaran di kelas. Di sudut masjid Sayyidina Hamzah yang terletak di dekat pintu masuk MAN 2 Jakarta, mereka berlatih hingga sore hari. “Kami bertanya jawab seputar materi keagamaan, diantaranya Sejarah Islam, Aqidah Akhlak, dan menghafal hadits,” jelas Naufal. Saat ditanya harapan mereka dengan mengikuti lomba ini, hampir semuanya berharap bahwa apa yang mereka lakukan ini adalah jalan awal untuk memulai dakwah. “Cara dakwah kami memang berbeda, sesuai dengan hobby dan kemampuan kami. Mudah-mudahan secara tidak langsung akan mendorong teman-teman lain untuk ikut menggemakan syiar Islam,” pungkas Al Ridho menutup perbincangan. Semoga harapan mereka akan terwujud demi kejayaan Islam di muka bumi. Amin. (Yuyum Daryumi)